PENERAPAN INQUIRY LEARNING MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SMA MUHAMMADIYAH KUPANG

  • arifin arsyad Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Inquiry Learning, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Sosiologi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan Inquiry learning peningkatkan nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan mata pelajaran Sosiologi siswa SMA Muhammandiyah Kupang. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Kupang. Waktu penelitian berlangsung selama 4 bulan yaitu bulan Agustus sampai dengan bulan Nopember 2018. Penelitian ini yang menjadi populasi sekaligus sebagai sampel. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI semester satu (1) SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu jenis penelitian dengan memberikan tindakan (action) pada satu kelas tertentu dimana tindakan tersebut dibagi dalam tiga siklus. Setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi serta kesepakatan tindak lanjut. Berdasarkan nilai hasil belajar siswa menunjukkan bahwa penerapan Inquiry Learning meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran Sosiologi Siswa SMA Muhammadiyah Kupang semester ganjil Tahun Akademik 2018/2019. Nilai hasil belajar rata-rata pada tes awal (65,81) jika dibandingkan dengan nilai rata-rata pada setiap siklus  menunjukkan adanya perubahan peningkatan nilai hasil belajar yaitu nilai rata-rata siklus I (70,91), siklus II (75,03), dan siklus III (76,97). Berdasarkan nilai hasil belajar rata-rata  pada tes awal jika dibandingkan dengan nilai hasil belajar siswa  rata-rata pada siklus I, II, dan III, dapat disimpulkan penerapan pembelajaran  Inquiry  Learning  meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran Sosiologi SMA Muhammadiyah Kupang semester ganjil Tahun Akademik 2018/2019. Berdarkan hasil penelitian ini disarankan: Peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang sama pada sekolah atau sampel yang lebih luas. Guru dapat menerapkan pendekatan penerapan pembelajaran Inquiry learning untuk meningkatkan nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa.

Published
2020-02-12