PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS IPA KELAS V SD

  • Eviani elviani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan
  • Sri Utami Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan
  • Tahmid Sabri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan
Keywords: model pembelajaran berbasis masalah, literasi sains

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Negeri 18 Pontianak Barat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dan bentuk penelitiannya adalah eksperimen semu. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 78,13sedangkan pada kelas kontrol sebesar 57,39. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus polled varian,diperoleh thitung sebesar8,5dan ttabel (α = 5% dan dk = 35 + 36 -2 = 69) sebesar 1,997. Karena ???????????????????????????? (8,5) >???????????????????????? (1,9967), dengan demikian maka Ha diterima. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis tentang tingkat pengaruhpenggunaanmodel pembelajaran berbasis masalah pada penelitian ini, diperoleh ES = 1,94dengan kategori tinggi.

Published
2020-02-11