PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kromong melalui menerapkan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu yang terdiri dari empat tahap:perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kromong. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siklus I dan siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 16,91% yaitu dari 74,27% pada siklus I menjadi 91,18% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 13,75%, yaitu dari 71,25% pada siklus I menjadi 85,00% pada siklus II. Hasil afekti mengalami peningkatan 9,50% yaitu dari 77,50 pada siklus I menjadi 87,50 pada siklus II. Hasil psikomotorik mengalami peningkatan 7,75% dari 75,31% pada siklus I menjadi 83,03% pada siklus II. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 33,67%, yaitu dari 58,00% pada siklus I menjadi 91,67% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran peneliti bahwa guru perlu mengembangkan model pembelajaran inkuiri sedini mungkin agar siswa memperoleh pengalaman belajar bermakna sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, hasil belajar, IPA